Ramai Dipertanyakan, Bagaimana Pengelolaan Dana Haji? Ini Penjelasan BPKH | IBF tvOne

Jakarta, www.tvOnenews.com - Pemerintah kembali membatalkan keberangkatan haji tahun ini akibat pandemi virus corona. Kebijakan ini menimbulkan polemik yang terus meluas, termasuk pengelolaan dana haji. Kenapa pengelolaan dana haji sering dipertanyakan? Simak pembahasannya hanya di Indonesia Business Forum tvOne.



Saksikan live streaming tvOne hanya di www.tvonenews.com/live

Komentar

  1. Rustam Anna

    Rustam Anna3 detik yang lalu

    Klau debeberkan atau diterangkan apapun gak percaya. Karena sudah terpapar hoax

  2. edi Maryadi01

    edi Maryadi01Jam Yang lalu

    Seharusnya mengenai pemondokan kan bisa koordinasi jauh2 hari dari Pemerintah Indonersia dengan Pemerintah Arab Saudi.

  3. Jajang Rustaman

    Jajang Rustaman3 jam yang lalu

    Ngomong yg jujur pak pak

  4. TOYIB Saputra

    TOYIB Saputra9 jam yang lalu

    Yg ngomong aja wakil presiden maruf amin buat infrasuktur jln bandara ko ini orang bilang ga di pake

  5. TOYIB Saputra

    TOYIB Saputra9 jam yang lalu

    Khoirisi kalo kecewa mundur,knp msh duduk di situ

  6. TOYIB Saputra

    TOYIB Saputra9 jam yang lalu

    100 t ya tulisannya nominalnya dimn

  7. Enjang Heriwidjaja

    Enjang Heriwidjaja14 jam yang lalu

    Terus yg dipercaya siapa, mungkin supaya tidak ada fitnah umat suruh nabung aja sampai sejumlah uang yg cukup untuk haji tahun berjalan, kalau mas hadi ga usah didengar dia bicara dg rasab curiga.

  8. Ahmad Dahlan

    Ahmad Dahlan14 jam yang lalu

    Udh lah .jgn hasud jgn cemburu . Dana haji harus di kembangkan . Secara syariat dana tdk bolih mengendap .wajib di kembangkan .

  9. Nur Yanto

    Nur Yanto20 jam yang lalu

    Semoga yg jujur dan amanah tetap dlm lindungan Allah swt. Aamiin

  10. Sipiq Arifin

    Sipiq Arifin21 jam yang lalu

    INVESTASI BUAT HOTEL DI DEKAT MASJID DI MADINAH DAN MEKAH DARI PADA INFESTASI DI TOL JALAN INDONESIA

  11. Budi Avika

    Budi AvikaHari Yang lalu

    Ngeles terus bpkh coba di audit infestigasi independen

  12. Nanda Safitri

    Nanda SafitriHari Yang lalu

    Lucu😂

  13. PradoRZ RZ

    PradoRZ RZHari Yang lalu

    Serakah bagai sengkuni..

  14. Khairani Rani

    Khairani RaniHari Yang lalu

    Jangan banyak bohong, akan di pertanggung jwb kan, senyap Umat Islam senyaplah, ribut umat Islam berkoar-koar diacara tv

  15. Roekhan Widodo

    Roekhan WidodoHari Yang lalu

    Tv one dan kadrun mana percaya walaupun sdh dijelaskan dengan jelas dan gamblang..karena para kadrun dan tv one bukan so'al batalnya haji....tapi tujuannya membuat masyarakat tdk percaya pada pemerintah..kemudian suana gaduh..pemerintah jatuh..dan para khilafer bersorak sorai.dan kebetulan para calon haji..banyak yg tdk memahami makna haji, kecuali sekedar memenuhi syarat lahir..orang beriman pasti akan diuji oleh allah..dengan segala macam.termasuk menerima hal hal yg tdk menyenangkan...kemudian ditanya..apakah ikhlas menerima dan tetap beriman atau menolak dengan marah marah dan ingkar..

  16. nining sumartini

    nining sumartiniHari Yang lalu

    Jgn boong dong dong pak pak wapres udh bilang

  17. Riris Tuti Supriyati

    Riris Tuti SupriyatiHari Yang lalu

    Suda di jawab dg jelas klo masih ngk jelas yg kebangetan ,haji di indonesia onh nya paling murah ,rielnya 70 jt ,yg dibayar calon jemaa haji 35 jt trus dikembalikan lagi 7 jt kurangnya 42 jt , ngambil dari mn klo uangnya ngk di manfaatkan agar memperoleh nilai manfaat untk tutupi kekurangannya ,saya berhaji th 2018 saya sangat 2 bersyukur dan berterimah kasih pd Allah swt ,karna pemerintah uda mengurus kami para jamaah dg sangat2 baik ,buat bpk 2 yg bertugas dan yg mengelola serta bertanggung jawab pd penyelenggaraan haji smoga anda dilindungi dan diberi pahala yg baik atas tugas bpk2 ,aamiin yra 🙏🏻 🙏🏻🤲

  18. Abi Suryono1

    Abi Suryono1Hari Yang lalu

    kiat selalu dituntut patuh........manut, sekaligus menjalankan keputusan penguasa......so .....kontrol keadilanya selalu tak pernah dirasakan seimbang, kenapa ya......

  19. Eko Setiyono

    Eko SetiyonoHari Yang lalu

    Diinvestasikan untuk menutupi kerugian atau kekurangan biaya haji wkwkwkw loo bayar nya lunas kok kurang wkwkwkw

  20. dorna melati

    dorna melatiHari Yang lalu

    Laporan keuangan ada harus pasti ada uangnya ya pak. 😁😁😁Jgn sampai laporan nya ada uangnya kaga Ade. 😏🙄

  21. agra agra

    agra agraHari Yang lalu

    bohong

  22. arifin arifin

    arifin arifin2 hari yang lalu

    Menurut sy seharus calon haji jangan ada lagi uang muka cukup nomor porsi saja

  23. احمد نور رایزل

    احمد نور رایزلHari Yang lalu

    Kalo tanpa subsidi mau nggak calon jamaah haji bayar 72 juta?

  24. SKY_ line

    SKY_ line2 hari yang lalu

    Tak bth penlsn tapi audt sbg bkt nyst

  25. Ali Hamzah

    Ali Hamzah2 hari yang lalu

    Rezim ini macam maling maling maling..

  26. Jhon SuhuFishing

    Jhon SuhuFishing2 hari yang lalu

    Uang setoran hj udah bercampur dengan dana lain karna masuk sukuk,artinya uang itu menjadi satu dalam kas apbn,masihkh aman sedangkn apbn aja dirampok..audit bpkh..sedangkn bpk aja lg dirundung kasus suap..percuma berbohong rakyat udah pd tau...

  27. Jhon SuhuFishing

    Jhon SuhuFishing2 hari yang lalu

    Audit investigasi bpkh harus transparan..soalnya semua lini di susupi penjahat..sekelas bpk juga sedang di soroti terkait suap...

  28. Kayra Kayra

    Kayra Kayra2 hari yang lalu

    BPKH dengarkan penjelasan tsb. kalau Ndak mampu mundur aja. Gitu saja kok repot

  29. sudarto123 darto

    sudarto123 darto2 hari yang lalu

    Suuzon

  30. Anis buton anis buton

    Anis buton anis buton2 hari yang lalu

    kenapa maruf udah tandatngan bawa udah di pake ko blg gk di pake

  31. Moh Mualim

    Moh Mualim2 hari yang lalu

    Salut bung terus suarakan kebenaran

  32. Moh Mualim

    Moh Mualim2 hari yang lalu

    Jangan bohong pak lah yg bilang dana haji dipake/diinfestasikan pak maruf amin

  33. Yuni Tia

    Yuni Tia2 hari yang lalu

    Coba tuh "DANA HAJI" dilakukan "PEMBUKTIAN TERBALIK" dengan "MENGEMBALIKAN SEMUA UANG CALON JAMAAH HAJI" tanpa ada uang yang di pegang BPKH..🔥🔥🔥 Ada gak tuh uangnya..? 😎😎😎👶👶👶 🗣️ Seruput air COMBERAN 🍯

  34. ali shomad

    ali shomad2 hari yang lalu

    DP haji,,mohon disesuaikan dengan waktu menunggu lamanya berangkat haji...kalau biaya haji , totalnya 40.000.000. menunggu 10 tahun berangkat.... Berati 40 juta dibagi sepuluh...kalau menunggu 20 tahun.. ya 40 juta dibagi 20... Jadi DP haji tidak harus 25 juta,,,,,,, terima kasih wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokaatuh

  35. Anh Cuong

    Anh Cuong3 hari yang lalu

    Kenapa waktunya mepet siapayg membuat mepet terangkan dong

  36. Anh Cuong

    Anh Cuong3 hari yang lalu

    Kalau kau gak mampu kau mundur lah bodi x kau

  37. Anh Cuong

    Anh Cuong3 hari yang lalu

    Betul itu pak siapaka kau yggak bisa koropsi DG pemerintahan sekarang yg kayak gini yg tidak punya moral

  38. Ali Musthafa

    Ali Musthafa3 hari yang lalu

    Kegaduhan haji ne karena jawaban pemerintah yg beda"

  39. Muhammad

    Muhammad3 hari yang lalu

    Dana haji dimakan.....bohong tu pejabat

  40. Bipang Buzzer

    Bipang Buzzer3 hari yang lalu

    Tunjukan video keterangan Ma'ruf Amin.. biar mereka mikir

  41. Sumaryo Hadi

    Sumaryo Hadi3 hari yang lalu

    Yg nilep itu trafel trafel jasa umroh dan haji kemaren . Siapa penilep itu cari sendiri

  42. Sumaryo Hadi

    Sumaryo Hadi3 hari yang lalu

    Kalau gak percaya tanya sendiri

  43. mohd taha Yahya

    mohd taha Yahya3 hari yang lalu

    Kalau engak percaya ama pemerintah tebus aja uangnya. Esok esok hajinya uruskan sendiri..gitu aje kok susah banget....

  44. Farida Shaqel

    Farida Shaqel3 hari yang lalu

    Sebutkan dong Pos2 mana saja Dana haji ditempatkan.. Yg jelas.. Ditempatkan kemana rekanan2nya Jangan hnya investesi2 saja.. Tp gk jelas..

  45. Sofjan Saka

    Sofjan Saka3 hari yang lalu

    Gak usah diplintir2 omong yg sebenarnya saja mereka tdk mengerti mereka itu cuma ingin kapan sy berangkat ke tanah suci dan melihat kahbah secara langsung mereka nabung uangnya sampai lunas dihati mereka berangkat tdk mau tau pokoknya berangkat jangan uangnya sdh lunas diomongi aneh2 ya sportif saja kembalihkan dulu uang dan bilang nanti klu dipanggil dan masih berminat uangnya disetorkaan lagi ya pasti mereka patuh bukan dicerita begini begitu setelah uangnya lunas ini sdh keterlaluan seperti anda2 tdk takut dosa semoga klu omongan anda2 cuma menutup2i pasti anda2 dilaknat Allah swt tks

  46. RAKYAT INDONESIA

    RAKYAT INDONESIA4 hari yang lalu

    JADI INTI NYA WAPRESSSS KITA PENYEBARRRR HOAX YA MENURUT PENJELASAN BPKH..!!!! WAJIB DIPENJARA DONK SELAKU PENYENAR HOAX..!!! ATAU JANGAN JANGAN LEMBAGA PENGOLA HAJO YG NYEBAR HOAX..!!! HARUS DIPENJARA JUGA LAH..!!!!

  47. Putra Adp

    Putra Adp4 hari yang lalu

    Kmana uang ya? Jawab saja

  48. crx

    crx4 hari yang lalu

    fyi, justru kalo dana nya disimpen aja ga diapa-apain malah bahaya bakal kena inflasi

  49. Zainur Zainur

    Zainur Zainur4 hari yang lalu

    Masih percaya orang 2MUNAFIQ yg membahayakan islam & umat. Jawabannya ada hati masing2.

  50. Zulkifli Nassir

    Zulkifli Nassir4 hari yang lalu

    Kita yakin Pemeriksaan BPK dan KPK Uang Setoran Haji Aman Barakallah fikum 💥📚

  51. Mas Ompal

    Mas Ompal4 hari yang lalu

    BPKH bilang kita tdk bisah masuk ke Arab Saudi maaf kalau untuk keperluan khusus itu tdk ada larangan. Apalagi ini soal ibadah Rukun Islam ke 5 . Dan saya 👍👍 buat Masadi. APBN saja jebol apalagi cuma dana Hajji yg di Bisnis kan oleh BPKH. Sulit masyarakat percaya aman nya kalau sdh masuk rana bisnis.

  52. محمد مكاوي محمد مكاوي

    محمد مكاوي محمد مكاوي4 hari yang lalu

    Hotel banyak tenaga kerja banyak pemerintah dajjal

  53. Hirup Urip

    Hirup Urip4 hari yang lalu

    Lakukan audit investigasi oleh tim independen, umumkan hasilnya kpd ummat islam yg sdh menyimpan dananya di bpkh, tdk cukup hanya sekedar cuap2 dimedia tanpa melalui auidit terlebih dahulu

  54. nurmainy ali

    nurmainy ali5 hari yang lalu

    Hati² bicara pak,mungkin bapak bs berbohong kpd rakyat,tp Allah maha tahu,melihat dan mendengar apa yg bapak katakan

  55. Darsin Semodiwiryo

    Darsin Semodiwiryo5 hari yang lalu

    Islam itu baik dan sangat baik , tapi kebaikannya tertutupi oleh Islam itu sendiŕi , rata 2 umat Islam kelek, jadi yg baik pun ikut kena tertuduh Isam jelek.

  56. nurin chenel

    nurin chenel5 hari yang lalu

    Siapa yg percaya. Pret !

  57. Imron Ron

    Imron Ron5 hari yang lalu

    Mohon di audit BPKH dgn BPK negara.ada indikasi bunga bank perbulan dn pertahun dari nilai 140 triliun. Kemana saja bunga bank mengalirnya ?

  58. Mohammad Nurdi Asadullah

    Mohammad Nurdi Asadullah5 hari yang lalu

    maaf... lebih percaya penjelasan bp. Rizal Ramli dan Bp. Ichsanudin Noorsy

  59. Ridho Ido

    Ridho Ido5 hari yang lalu

    bohong lg, sdh di seting dr blakang.

  60. Restu Alam

    Restu Alam5 hari yang lalu

    intinya rakyat mgkin tdk nerima.jadi memang tdk bisa diterima tanpa alasan apapun

  61. Zul Helmi

    Zul Helmi5 hari yang lalu

    Ini semua olah megawati

  62. Zul Helmi

    Zul Helmi5 hari yang lalu

    Indon pungoe,troh panteng haji icok.para pemimpin islam gak kelas.

  63. Oka Avianta

    Oka Avianta5 hari yang lalu

    Kemana buzzer cebong kok gk komen

  64. Subandriyo 1234

    Subandriyo 12345 hari yang lalu

    Bpk.BPKH.YG.JUJUR. Para calon Hj.yg.oklas yg.niat. jangan percaya omongan.yg.tidak ada fakta Kadtun2 memang pekerjaanya .calon hj.yg.kurang eklad duwit mau diambil.monggo GITU AJA KOK REPOT

  65. Dardiansyah 88

    Dardiansyah 885 hari yang lalu

    Maka uang tidak ada tdk membrangkat kan haji mass

  66. ismail effendi

    ismail effendi5 hari yang lalu

    Yg bener pk de klo ngoce dana haji msih eneng.ap wes entek2 kan.0

  67. Towo Towo

    Towo Towo5 hari yang lalu

    Kupingnya dipasang baik2 jangan asal nuduh saja,ini dari arab saudi yg memang brani karna covid 19

  68. Mohd Akhiar

    Mohd Akhiar5 hari yang lalu

    Masuk ke Arab Saudi saja tdk bisa knp? Krn covid di Indonesia ...katanya kita termasuk bagus penanganan covid...

  69. Rasyd Lukman

    Rasyd Lukman5 hari yang lalu

    Bagaimana mau percaya wong wapres nya saja pernah ngomong kalau dana haji itu di pakai untuk insfrastruktur.

  70. Yati Haryati

    Yati Haryati5 hari yang lalu

    Bukan subsidi tapi uang jamaah

  71. Arafiqalfaris Alfaris

    Arafiqalfaris Alfaris5 hari yang lalu

    tarik saja lebih aman daripada meragukan ..

  72. Arbi Arbi

    Arbi Arbi5 hari yang lalu

    Dalam hati yg dengki ...akan menimbulkan ucapan dan perilaku yg buruk .....

  73. Muawwidz Ibnu Hajar

    Muawwidz Ibnu Hajar5 hari yang lalu

    Nah yang perlu di audit itu dana haji bukan dana buat palestina 😄😄😄

  74. jnk junaedi

    jnk junaedi5 hari yang lalu

    Ingat Pak Beny jangan bohong kalau benar dana ada kenapa gak di pake untuk dana haji tahun ini, ingat loh pak kalau bohong di akhirat kudu di pertanggung jawabkn

  75. Bambang Prasetia

    Bambang Prasetia5 hari yang lalu

    YA INVESTASIKAN KE ORI ATAU SUKUK..OBLIGASI MUNGKIN BERIKUTNYA..DIGUNAKAN BAYAR2 KONTRAKTOR..KHAN GAK SALAH ..YA

  76. Muhammad Firdaus

    Muhammad Firdaus5 hari yang lalu

    Ini adalah contoh manajemen pemerintah yg amburadul, pandemi udah hampir 2 tahun kok tidak antisipasi Dari awal, sungguh TER LA LU......

  77. RISMA NURIL

    RISMA NURIL5 hari yang lalu

    narasumber ini kayanya udah di seting terlebih dahulu....

  78. Artin

    Artin5 hari yang lalu

    Hati2 ya pak. Dana umat.

  79. Joe Hartoyo

    Joe Hartoyo5 hari yang lalu

    Kita tunggu aja ada apa di kemudian hari buat para pejabat Ini masalah besar tentang uang umat yg jumlahnya nggak sedikit Alloh mboten sare, kebenaran pasti sedikit demi sedikit pasti akan terungkap...

  80. daldiri ngabdullah martorejo

    daldiri ngabdullah martorejo5 hari yang lalu

    ikhlaskan saja warga dan bank mengelola dananya sendiri, bubarkan BPKH sebagai pihak ketiga yang sebenarnya hanya cukup 2 pihak saja. konsep-konsep dana umat, efisiensi, dan dana manfaat (tentu karena transaksi) itu kan konsep-konsep tidak jelas dari sisi akuntabilitas. dan kalau riil dana haji 70 juta, buka saja kepada warga biar warga juga menyesuaikan, sekaligus seleksi alam: hanya yang mampu saja yang menunaikan haji, toh agama tidak menuntut kesusahan.

  81. tamadi madi

    tamadi madi5 hari yang lalu

    Tunjukkan hadil audit bln terakhir ,jangan munafik ,kl gk seluryh umat akan menarik dana haji

  82. Aku Siapa

    Aku Siapa5 hari yang lalu

    Jokowi hebat👍 Bismillah komisaris BUMN.! Yassalam Giveaway jabatan 😂😎😎👍👍

  83. nur and rasyid

    nur and rasyid5 hari yang lalu

    Saya dan ibu saya umur ampir 80 th udah di vaksin mau berangkat haji 2x diundur hanya bisa berserah diri sama Allah jgn kita saling menyalahkan karena tak akan terjadi sesuatu apapun didunia ini tanpa seizin Allah kerana Allah tau mana yang terbaik buat umat nya semoga pak Jokowi raja Arab Saudi mengdengar hati umat yang ingin melaksanakan haji semoga Allah kabulkan niat ibada haji saya sama ibu aamiin aamiin aamiin ya allah

  84. fachrul haryadi

    fachrul haryadi5 hari yang lalu

    Masa siee,iya kali.

  85. Yasir Maulana

    Yasir Maulana5 hari yang lalu

    Byngkan.. byr haji reguler sekitar 35 juta dan pemerintah mensubsidi 35 juta.. apakah masih kurang dari dulu.. masih blm bersyukur.. subhanallah

  86. Yasir Maulana

    Yasir Maulana5 hari yang lalu

    Puluhan tahun dl sebelum BPKH dibentuk.. uang haji gk jelas kemana.. sekarang jelas pengelolaannya.. apakah masih tidak bersyukur.. subhanallah

  87. Berkah Cell

    Berkah Cell6 hari yang lalu

    Tarik saja rame2 biar miskin tuh

  88. احمد نور رایزل

    احمد نور رایزلHari Yang lalu

    Iya nabung saja sendiri 72 juta biar nggak nunggu2 berangkat hajinya.

  89. Muhammad Kosasih

    Muhammad Kosasih6 hari yang lalu

    Mau di jelasin seperti apa juga ga bakal percaya kalau otaknya uda benci mah susah

  90. Reyhan 132

    Reyhan 1326 hari yang lalu

    Pemilu presiden yg akan datang pilih yg pro rakyat bukan asing dan aseng

  91. Jack Gentho Surodinemprang

    Jack Gentho Surodinemprang6 hari yang lalu

    Bila ketidak jujuran di tutupi, suatu saat ALLOH SWT yg akan membongkar semuanya. Yg gw pikirin, kenapa baru sekarang dikatakan kalau ada Subsidi ONH. Bukankah sudah dijelaskan bahwa untuk berhaji WAJIB BAGI YG MAMPU ! Lah kalau ternyata ada Subsidi, kan berarti Ibadah Haji tersebut DIPAKSAKAN ! Tetapi kalau SUBSIDI tersebut dari pengelolaan DANA HAJI sendiri, itu bukan SUNSIDI ! Kan uangnya dari Jamaah sendiri...??? Makin kesini makin MEMBINGUNGKAN !!! JUJUR sajalah...katakan yg SEBENAR-BENARNYA !!!

  92. Jamin Prasojo

    Jamin Prasojo6 hari yang lalu

    Nah biar ngerti sampai dihati. Bahwa apa yang dikatakan keuntungan adalah tidak benar. Yang benar nilai manfaat. Biasa orang orang yang biasa suudzon dan terus suudzon. Mbok ya sebagai muslim itu khusnudzon adalah ciri orang islam

  93. Widodo Suhermanto

    Widodo Suhermanto6 hari yang lalu

    😂🤣😅jgn hanya bicara... Hrs ada bukti... Tampilkan Kan udh dikatakan olh MMD... Skarang negera ini korupsinya lbh buanyak... Jd ya hrs ada bukti

  94. Imam Turmudhi

    Imam Turmudhi6 hari yang lalu

    Jangan menyalahkan pemerintah indonesia pak. Sebenarnya Indonesia sangat tegas. Karena saudi sendirilah yang mengundur ngundur kepastian. Sebenarnya yang ngeles itu malah dubes arab. Terus dimanfaatkan para ulama' yang dan roki gerung dan rizal ramli.

  95. Khosin_Channel

    Khosin_Channel6 hari yang lalu

    Saya baru paham. Kalau yang selalu buat ribut di negeri ini ada salah satu kelompok. Yang selalu menggiring opini rakyat

  96. Ratna kusuma Dewi

    Ratna kusuma Dewi6 hari yang lalu

    Kita hanya lihat sampai di mana kejujuran pengurus nya saja antara pemerintah dan pengurus kok beda pendapat

  97. Ratna kusuma Dewi

    Ratna kusuma Dewi6 hari yang lalu

    Apa bila pengelolaan dana haji sesuai dng yg di omongkan pengurus mudah2 an di ridhoi Allah apabila tidak sesuai dng apa yg di omong kan sedikit pun semoga pengurus2 nya di Azab Allah semua

  98. Bambang Fakkhriman

    Bambang Fakkhriman6 hari yang lalu

    Kalau ngomongnya g seRupiahpn itu betul...krna makenya trilyunan

  99. ferry pendar

    ferry pendar6 hari yang lalu

    Memangnya ketika menyetor dana haji, ada kata2 diperjanjian, bahwa dana tersebut boleh dipakai negara dalam bentuk apapun

  100. eka yopi

    eka yopi6 hari yang lalu

    Udah lama nunggu 10 th sekarang batal 2x umur kesehatan apa bisa nunggu Krn kalau udah makin tua naik haji repot Krn haji perlu tenaga kuat lo

  101. River Plate

    River Plate6 hari yang lalu

    Percaya aja deh ... Mohon wakaf aja di harap, eh .. uang wakaf 😀😀 apa lg uang yg jelas terkumpul. Lbh percaya dgn keterangan Pak Ichsanuddin Noorsy

  102. HS Channel Indonesia

    HS Channel Indonesia6 hari yang lalu

    Seyogyanya tidak usah untuk menambah nilai manfaat, mending berbiaya mahal namun jelas keberangkatannya, dari pada dipakai utk perbankkan... meskipun bank itu Bank syari'ah, namun masih dipertanyakan keriba annya kalau untuk sebuah investasi....

  103. Imam Khudori

    Imam Khudori6 hari yang lalu

    Bohong pak g akan korupsi buksnya enak duit?