Kupas Tuntas Terkait Pembatalan Ibadah Haji 2021 | Indonesia Business Forum tvOne

Jakarta, www.tvOnenews.com - Pemerintah kembali membatalkan keberangkatan haji tahun ini akibat pandemi virus corona. Kebijakan ini menimbulkan polemik yang terus meluas, termasuk pengelolaan dana haji. Kenapa pengelolaan dana haji sering dipertanyakan? Simak pembahasannya hanya di Indonesia Business Forum tvOne.



Saksikan live streaming tvOne hanya di www.tvonenews.com/live

Komentar

  1. sinambela eben b

    sinambela eben b3 hari yang lalu

    Kalau disurve yang berangkat haji rata rata orang mampu..mungkin hanya 2% yang jual aset untuk berangkat haji,Nah kalau bebar disubsidi...apa ga salah ya..kenapa justru orang mampu yang disubsidi..kok aneh ya Indonesia kita ini.

  2. Gibas Ton

    Gibas Ton6 hari yang lalu

    Padahal yg komen di akun ini pendidikan nya lebih tinggi dari saya yg hanya sebagi buruh tani di desa ko ga percaya ama pemerintah ,yg mau haji juga kan cuman bayar 35,000,000 sedangkan pemerintah harus keluar uang 70.000.000 untuk keberangkata nya haji

  3. M, Rudi Djamil

    M, Rudi Djamil7 hari yang lalu

    Ya iyalah... Masa narik duit sendiri dilarang !!! Emang nya duit bpk moyang luh !!!

  4. didin evlst

    didin evlst7 hari yang lalu

    UDAHLAH BROOO...!!!..GA PERLU DIBIKIN GADUH....KASUS HAJI...ITU SIFATNYA... TIDAK MEMAKSA....!!!..KLO CALON JEMAAH HAJI YG SDH SETOR DANA HAJI..DAN TIDAK PUNYA..OPTIMISME KEBERANGKATANNYA...!!!..INGON MENARIK DANANYA....PEMERINTAH HARUS..FASILITASI...!!!..BISA JADI DANA PRIBADI ITU U/KEPENTINGAN KELUARGA YG LBH MEMDESAK....!!!!..KREBILITAS PEMERINTAH SAAT INI...MEMANG SANGAT DIUJI..OLEH UMMAT MOSLEM INDONESIA...!!!.SEMAKIN TRANSPARAN...SIKAP PEMERINTAH....!!!..KEBIJAKAN STRATEGINYA...IMBASNYA....PASTI MEMBAWA..KEWIBAWAAN PEMERINTAH SENDIRI..!!!..GITU AJA KOQ REPOT BROOO...!!!😛😛😛😛😛😛

  5. Yusni Syaiful

    Yusni Syaiful7 hari yang lalu

    Pengelolaan Dana Haji.. Apa sudah ada ijin dari pemilik dana...? Apakah ada ijin pengelolaan dana secara hukum uu...? Pengelolaan dana haji apa sudah ada laporan auditing pertahunnya pada pemilik dana dan publik.... Ketika gagal pemberangkatan haji...dimana tanggung jawab penyelenggara dan pengelola dana...? Siapa yg Bertanggung jawab resiko kerugian..?

  6. Mas Is

    Mas Is7 hari yang lalu

    Jujurlah jd pejabat/jangan pembohong besar,karena penyelenggara Negara selama ini tukang BOHONG

  7. Irawan arief

    Irawan arief7 hari yang lalu

    Semoga JPU dan Hakim melihat keonaran yang ditimbulkan menag, apakah bisa dituntut juga

  8. Den Poerby

    Den Poerby7 hari yang lalu

    Hehehehehee....tak nyimak wae.

  9. oke karo

    oke karo7 hari yang lalu

    lapor ndan.....Kumpulan Pemburu Koruptor sudah dilemahkan....saat nya beraksi........go...go....buzzerrr anggap semua ini wajar......

  10. Mukidi Ngaciro

    Mukidi Ngaciro7 hari yang lalu

    dana haji hangus u kepentingan negara😀

  11. ardygumi line

    ardygumi line7 hari yang lalu

    yang paling penting keuntungannya berapa persen utk yg punya uang dan pengelolah? apakah yg punya dana setuju dgn keuntungan yg diberikan? klo tdk setuju yaa ga boleh... klo kita mau ke arah syariah...

  12. Munzir Zirin

    Munzir Zirin7 hari yang lalu

    2 menit setor bs 2 menit ambil ndk?

  13. Moh Ramli

    Moh Ramli7 hari yang lalu

    Tarik smua dana haji. Sekalian trbuka korupsi nya

  14. Wahyu Kurniawan

    Wahyu Kurniawan7 hari yang lalu

    ga abis pikir,,, lagi dan lagi selalu covit yg menjadi aktor nya atas semua ini ,, sedangkan rakyat ingin memenuhi kewajiban rukun Islam ke 5 dengan menjadi tamu ALLAH swt dengan melaksanakan ibadah haji,, negosiasi ga di buka jauh jauh hari , sekarang dengan santai bilang waktu sudah mepet, sunguh sangat edyaan

  15. Azzam Alvian

    Azzam Alvian6 hari yang lalu

    Ikut aja kdrun langsung brangkat gakusah nunggu ijin arab saudi

  16. ok ba

    ok ba7 hari yang lalu

    COBA NGK PAKE VAKSIN SINOVAC UDH BERANGKAT TU HAJI...SALAH KAN TU SI TOHIR..YG BELI VAKSIN SINOVAC..ABAL ABAL...

  17. Cattleya Labiata

    Cattleya Labiata7 hari yang lalu

    Kerjaan pemerintah itu bukan larang-melarang, tapi mengatur, memastikan, dan memberi pelayanan pelaksanaan ibadah agama berjalan aman...

  18. Mahmud Hidayat Pon pes Al-Barokah

    Mahmud Hidayat Pon pes Al-Barokah7 hari yang lalu

    Seharus nya negoisasi sama pemerintah arab saudi harus jauh2 hari. .pak

  19. Mahmud Hidayat Pon pes Al-Barokah

    Mahmud Hidayat Pon pes Al-Barokah7 hari yang lalu

    Lalu vaksin guna nya untuk apa pak

  20. Solikin Boy

    Solikin Boy7 hari yang lalu

    Apa pun alasannya, sianu aktor drakor beserta jajaran gagal mengelola negeri ini. Semoga Indonesia ku terselamatkan

  21. Hendry Yanto

    Hendry Yanto7 hari yang lalu

    Biasa y Rizal di undang sm hsikal biar jls

  22. Azzam Alvian

    Azzam Alvian6 hari yang lalu

    Jelas apanya dia orang gak jelas

  23. rajacatra berlian

    rajacatra berlian7 hari yang lalu

    Transparan lah kalau emang masih aman dana nya ??? Hasil audit nya ekspos ke publik

  24. agoes set

    agoes set7 hari yang lalu

    Udh cek belum audit BPK?

  25. Waitmores Gt

    Waitmores Gt7 hari yang lalu

    Dana haji aman, tp kl haji batal lbh aman lg d blikin dl biar gak terjadi fitnah

  26. Yuniarto S

    Yuniarto S7 hari yang lalu

    Keputusan menarik uang ato kagak ada di tangan jamaah haji, bukan pemerintah yg mengembalikan.

  27. Tajul Tajul

    Tajul Tajul7 hari yang lalu

    Berangkt haji dibatalkn karna covid...ko para cukong TKA Cina dibebaskn yh.🤦‍♂️🤦‍♂️🤦‍♂️l

  28. NS 75

    NS 757 hari yang lalu

    Lagian ngapain di larang orang rakyat ambil uang mereka ko

  29. Yuniarto S

    Yuniarto S7 hari yang lalu

    Gak ada yg melarang

  30. DJAFAR SHIDDIQ

    DJAFAR SHIDDIQ7 hari yang lalu

    Dana Haji itu hak siapa sich? Yg punya hak diberitahu gak sebelumnya?

  31. N r

    N r7 hari yang lalu

    Wajib melindungi itu apakah dgn cara membatalkan haji pak???

  32. agoes set

    agoes set7 hari yang lalu

    Kebutuhan jama'ah apa saja? Sebutkan yg komplit ya, waktunya cukup kah mempersiapkan semuanya?

  33. Penegak Kebenaran

    Penegak Kebenaran7 hari yang lalu

    Surat Kedubes Arab Saudi itu tgl. *_3 Juni 2021_* berbunyi : _"Pemerintah Saudi Belum Memberi Keputusan Soal Kouta Haji"_ , padahal *_batas waktu pengurusan haji_* Kemenag RI itu tgl *_28 Mei 2021_* , mengingat jamaah haji Indonesia itu rata2 banyaknya *_220.000 jamaah_* , dan tersebar di *_17.504 pulau-pulau_* .... Pemerintah Indonesia tidak bisa menunggu *_”ketidak pastian”_* , dan hanya memberi *_”PHP”_* kepada calon2 jamaah haji Indonesia….

  34. Yuniarto S

    Yuniarto S7 hari yang lalu

    Ya, membatalkan haji, Saudi juga belum mengumumkan kuota haji sampe sekarang tuh.

  35. Vivo Y11

    Vivo Y117 hari yang lalu

    nauzubilllah minzalikk

  36. Purnomo Purnomo

    Purnomo Purnomo7 hari yang lalu

    kalo arab saudi... betul gara gara tak percaya prosedur covid ... atas pembatalan ibadah haji ...betull betull sungguh memalukan ...

  37. ZUL F

    ZUL F7 hari yang lalu

    Klo sy jdi pemimpin mengecewakan org bnyak yg saya pimpin saya pasti meninggalkan jabatan saya sebagai pemimpin karna sya punya harga diri.

  38. Yuniarto S

    Yuniarto S7 hari yang lalu

    Raja Salma suruh mundur, gitu?

  39. RIAN'D ian

    RIAN'D ian7 hari yang lalu

    Siap??? Kalau para jama'ah mau narik dana nya?

  40. RIAN'D ian

    RIAN'D ian7 hari yang lalu

    @Penegak Kebenaran lihat judul bos

  41. Penegak Kebenaran

    Penegak Kebenaran7 hari yang lalu

    Risikonya kalau ditarik, nanti antriannya akan *_lebih lama_* lagi, dan uang yg rencananya untuk ibadah hajji akan habis untuk keperluan2 lain...

  42. ben yamin

    ben yamin7 hari yang lalu

    Cuman kapan di tarik,rasanya seperti mancing,tarik menarik,tarik sisss

  43. Abdul Mujib

    Abdul Mujib7 hari yang lalu

    ‌Numpang komentar, semoga orang pintar 2 di negara kita cepat bertaubat kepada Allah SWT dan memohon atau meminta maaf kepada presiden RI khususnya kepala sekolah SD SMP SMA SMK karena selama ini korupsi dana bos, kalau itu sudah dilakukan mereka tetap harus bertanggung jawab mengembalikan uang yang dikorupsi itu ke kas sekolah, selama ini mereka belikan mobil pribadi rumah pribadi rekening pribadi. Tetapi laporannya ke pemerintah pusat fiktif dan mar up, menipu dan merampok walimurid dengan dalil SPP uang tahunan stadytour wisuda dll. Sesungguhnya kegiatan sekolah bisa dilaporkan per bulan, mulai bulan 7 pembelian buku siswa 50 juta, bulan 8 ekstrakurikuler 7 juta, bulan 9 ekstrakurikuler 7 juta, bulan 10 UTS 5 juta, bulan 11 ekstrakurikuler 7 juta, bulan 12 UAS 5 juta, bulan 1 tryout 3 juta, bulan 2 tryout 3 juta dan stadytour 25 juta, bulan 3 UN AKM (US)5 juta, bulan 4 wisuda 20 juta, bulan 5 ujian kenaikan kelas 3 juta, bulan 6 penerimaan siswa baru 50 juta. Totalnya 190 juta. Bila jumlah siswa 250 SD dapat dana bos 225 juta, SMP jumlah siswa 400 dapat dana bos 440 juta, SMA jumlah siswa 400 dapat dana bos 600 juta. Seharusnya sisanya masuk ke kas sekolah bukan dikorupsi oleh kepala sekolah dan kroninya, guru honorer digaji tidak layak, setiap kegiatan sekolah dirampok kan ke walimurid, biasanya yang disuruh merampok atau meminta uang secara paksa guru yang nyatok kepala sekolah. Mohon bapak presiden RI menginstruksikan kepada menteri pendidikan dan kebudayaan untuk menggandeng KPK untuk mengusut kekayaan kepala sekolah dan kroninya. Dan mohon guru honorer digaji langsung dari pusat yang diambilkan dari dana bos sebelum ditransfer ke rekening sekolah, karena akhlak kepala sekolah tidak amanah. Semoga guru honorer sejahtera dan barakah dengan digaji 1.500.000 ditambah insentif disiplin 500.000. amiin. Dan mohon ada regulasi larangan kepala sekolah merampok meminta uang secara paksa kepada walimurid dengan ancaman tidak diberikan ijasah, tidak boleh ikut ujian, diumumkan setelah upacara siswa yang belum bayar dll. supaya dunia pendidikan diberkahi Allah SWT aamiin. saya KalipareJatim.

  44. Abdul Mujib

    Abdul Mujib7 hari yang lalu

    ‌Numpang komentar, semoga orang pintar 2 di negara kita cepat bertaubat kepada Allah SWT dan memohon atau meminta maaf kepada presiden RI khususnya kepala sekolah SD SMP SMA SMK karena selama ini korupsi dana bos, kalau itu sudah dilakukan mereka tetap harus bertanggung jawab mengembalikan uang yang dikorupsi itu ke kas sekolah, selama ini mereka belikan mobil pribadi rumah pribadi rekening pribadi. Tetapi laporannya ke pemerintah pusat fiktif dan mar up, menipu dan merampok walimurid dengan dalil SPP uang tahunan stadytour wisuda dll. Sesungguhnya kegiatan sekolah bisa dilaporkan per bulan, mulai bulan 7 pembelian buku siswa 50 juta, bulan 8 ekstrakurikuler 7 juta, bulan 9 ekstrakurikuler 7 juta, bulan 10 UTS 5 juta, bulan 11 ekstrakurikuler 7 juta, bulan 12 UAS 5 juta, bulan 1 tryout 3 juta, bulan 2 tryout 3 juta dan stadytour 25 juta, bulan 3 UN AKM (US)5 juta, bulan 4 wisuda 20 juta, bulan 5 ujian kenaikan kelas 3 juta, bulan 6 penerimaan siswa baru 50 juta. Totalnya 190 juta. Bila jumlah siswa 250 SD dapat dana bos 225 juta, SMP jumlah siswa 400 dapat dana bos 440 juta, SMA jumlah siswa 400 dapat dana bos 600 juta. Seharusnya sisanya masuk ke kas sekolah bukan dikorupsi oleh kepala sekolah dan kroninya, guru honorer digaji tidak layak, setiap kegiatan sekolah dirampok kan ke walimurid, biasanya yang disuruh merampok atau meminta uang secara paksa guru yang nyatok kepala sekolah. Mohon bapak presiden RI menginstruksikan kepada menteri pendidikan dan kebudayaan untuk menggandeng KPK untuk mengusut kekayaan kepala sekolah dan kroninya. Dan mohon guru honorer digaji langsung dari pusat yang diambilkan dari dana bos sebelum ditransfer ke rekening sekolah, karena akhlak kepala sekolah tidak amanah. Semoga guru honorer sejahtera dan barakah dengan digaji 1.500.000 ditambah insentif disiplin 500.000. amiin. Dan mohon ada regulasi larangan kepala sekolah merampok meminta uang secara paksa kepada walimurid dengan ancaman tidak diberikan ijasah, tidak boleh ikut ujian, diumumkan setelah upacara siswa yang belum bayar dll. supaya dunia pendidikan diberkahi Allah SWT aamiin. saya KalipareJatim.

  45. Abdul Mujib

    Abdul Mujib7 hari yang lalu

    ‌Numpang komentar, semoga orang pintar 2 di negara kita cepat bertaubat kepada Allah SWT dan memohon atau meminta maaf kepada presiden RI khususnya kepala sekolah SD SMP SMA SMK karena selama ini korupsi dana bos, kalau itu sudah dilakukan mereka tetap harus bertanggung jawab mengembalikan uang yang dikorupsi itu ke kas sekolah, selama ini mereka belikan mobil pribadi rumah pribadi rekening pribadi. Tetapi laporannya ke pemerintah pusat fiktif dan mar up, menipu dan merampok walimurid dengan dalil SPP uang tahunan stadytour wisuda dll. Sesungguhnya kegiatan sekolah bisa dilaporkan per bulan, mulai bulan 7 pembelian buku siswa 50 juta, bulan 8 ekstrakurikuler 7 juta, bulan 9 ekstrakurikuler 7 juta, bulan 10 UTS 5 juta, bulan 11 ekstrakurikuler 7 juta, bulan 12 UAS 5 juta, bulan 1 tryout 3 juta, bulan 2 tryout 3 juta dan stadytour 25 juta, bulan 3 UN AKM (US)5 juta, bulan 4 wisuda 20 juta, bulan 5 ujian kenaikan kelas 3 juta, bulan 6 penerimaan siswa baru 50 juta. Totalnya 190 juta. Bila jumlah siswa 250 SD dapat dana bos 225 juta, SMP jumlah siswa 400 dapat dana bos 440 juta, SMA jumlah siswa 400 dapat dana bos 600 juta. Seharusnya sisanya masuk ke kas sekolah bukan dikorupsi oleh kepala sekolah dan kroninya, guru honorer digaji tidak layak, setiap kegiatan sekolah dirampok kan ke walimurid, biasanya yang disuruh merampok atau meminta uang secara paksa guru yang nyatok kepala sekolah. Mohon bapak presiden RI menginstruksikan kepada menteri pendidikan dan kebudayaan untuk menggandeng KPK untuk mengusut kekayaan kepala sekolah dan kroninya. Dan mohon guru honorer digaji langsung dari pusat yang diambilkan dari dana bos sebelum ditransfer ke rekening sekolah, karena akhlak kepala sekolah tidak amanah. Semoga guru honorer sejahtera dan barakah dengan digaji 1.500.000 ditambah insentif disiplin 500.000. amiin. Dan mohon ada regulasi larangan kepala sekolah merampok meminta uang secara paksa kepada walimurid dengan ancaman tidak diberikan ijasah, tidak boleh ikut ujian, diumumkan setelah upacara siswa yang belum bayar dll. supaya dunia pendidikan diberkahi Allah SWT aamiin. saya KalipareJatim.

  46. Qidi Qidi

    Qidi Qidi7 hari yang lalu

    termasuk kamu,cepat2 taubat,krn jg pinter kata2,pinter ngomong,dg data yg g jelas,mslh korupsi yg lalu2 g kau ungkit,tp yg kau ungkit era jokowi,adilkah?

  47. Wiji Lestari

    Wiji Lestari7 hari yang lalu

    Bicara banyak itu ciri kadron,yg brrt tlh menunjukkn kegobloknnya sendiri ,korupsi y korupsi bo mau bansos mau sapi mau beras,y ttp saja korupsi dan kenapa kok cm bamsos aja yg lo sebut?trs edy tansil sdh puluhan thn g ketangkap kemana?dan jaman siapa kaburnya?